Senin, 09 Januari 2023

SEJARAH AYAM BE KEREN DAN PROSES PEMBUATANNYA

SEJARAH AYAM BE KEREN

Ayam be keren adalah makanan tradisional khas dari Bali dimana proses pembuatannya sangatlah unik dan masih menggunakan cara tradisional. Pada zaman dahulu hidangan ayam be keren ini merupakan makanan khas dan juga makanan favorit dari Raja di Puri Agung Bangli. Pada saat itu, juru masak bernama Anak Agung Nyoman Raka diberi kepercayaan sebagai chef di Kerajaan Bangli yang kemudian resep makanan khas kerajaan ini diwariskan kepada cucunya bernama Anak Agung Ayu Sugantini. Pada tahun 2012 Ibu Agung Sugantini mulai membuka bisnis kuliner tradisional dengan brand bernama "Arda Yusa" di Puri Kelodan Bangli. 

tempatwisataseru.com

KEUNIKAN PEMBUATAN AYAM BE KEREN

Masakan ini terlihat seperti ayam betutu, namun terdapat perbedaan dari cara pembuatannya. Pada ayam betutu proses pembuatannya direbus yang diberikan base genep, sedangkan pada proses pembuatan ayam be keren yaitu ayam dibumbui dengan base genep. Ayam yang sudah dibumbu kemudian dibungkus erat dengan upih atau pelepah pinang, setelah itu dimasak dengan cara ditutup dengan sekam padi lalu disekam menggunakan kelapa sebagai penghasil panas api pada tungku gerabah yang memakan waktu hingga 12 jam. Kepulan asap yang panas pada gerabah mampu mematangkan ayam be keren. Maka dari itu cita rasa dari ayam be keren dengan ayam betutu jelas berbeda. 
Pada saat proses sekam ayam be keren menggunakan suhu panas atau api yang rendah agar daging ayam matang sempurna. Apabila menggunakan suhu atau api yang besar maka disisi luar daging ayam akan gosong sedangkan di bagian dalamnya akan sedikit keras. 

Harga selembar Upih atau pelepah pinang yaitu Rp7.000,- sampai dengan Rp8.000,-. Untuk membungkus be keren yang sudah diberi bumbu, Ibu Agung Sugantini menggunakan 2 lembar pelepah pinang yang diikat erat dan didalamnya diguyurkan minyak kelapa agar dagingnya lembut (Moist). Upih atau pelepah pinang dipilih sebagai pembungkus agar ayam yang disekam tidak cepat gosong dan matang sempurna serta menghasilkan bau harum yang khas dari upih tersebut. Selain itu upih lebih lentur dan tidak mudah sobek dibandingkan dengan pelepah lainnya. 
 
https://youtu.be/uuiQ5mu63es


https://youtu.be/uuiQ5mu63es

HARGA BE KEREN ARDA YUSA

Sampai saat ini Ibu Agung Sugantini masih mempertahankan teknik memasak tradisional sesuai dengan resep yang telah diwariskan dari kakeknya serta terus melestarikan kuliner lokal Bangli yaitu be keren. Hal ini diyakini menjadi sebab mengapa ayam be keren yang dibuat oleh beliau masih memiliki cita rasa yang khas dibandingkan dengan masakan lainnya. Tidak hanya ayam yang dijadikan be keren, beliau juga menghidangkan unggas lainnya yaitu daging bebek. Harga satu ekor ayam be keren dibandrol seharga Rp125.000,- sedangkan bebek keren yaitu seharga Rp150.000,-.

Dalam satu hari Ibu Agung Sugantini membuat ayam be keren sebanyak 4 ekor ataupun lebih sebagai cadangan. Pada saat hari raya besar maupun rainan, beliau bisa menerima pesanan mencapai ratusan ekor dalam sehari. Karena proses memasaknya cukup lama dan membutuhkan kesabaran, apabila ingin memesan ayam be keren milik Ibu Agung Sugantini harus memesan beberapa hari sebelumnya.








Nama      : Tanti Suryani
NIM        : 2215834037
Kelas       : A1 MBP
Absen      : 10
No. telp  : 085804360316
Instagram : @tantisuryani_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH AYAM BE KEREN DAN PROSES PEMBUATANNYA

SEJARAH AYAM BE KEREN Ayam be keren adalah makanan tradisional khas dari Bali dimana proses pembuatannya sangatlah unik dan masih menggunaka...